BERITA

Mendekati Waisak, Kunjungan Wisman ke Candi Mendut Meningkat

candi mendut, waisak

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, meningkat menjelang perayaan Hari Tri Suci Waisak.

Petugas bagian tiketing di Candi Mendut, Joko Edi Muryanto, di Magelang, Jumat (4/5/2012), mengatakan, pada bulan biasa tingkat kunjungan turis hanya berkisar 60 wisman per hari, kini meningkat hingga di atas 100 wisman per hari. Sebagian besar wisman berasal dari negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea, Hong Kong, dan Taiwan.

Peningkatan kunjungan wisman tersebut tidak lepas dengan digunakannya Candi Mendut sebagai tempat persemayaman air berkah Waisak yang diambil dari Umbul Jumprit dan Api Darma dari api alam Mrapen. Selain itu, kirab Waisak juga dilakukan dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur sejauh tiga kilometer.

"Kenaikan kunjungan wisman terjadi sejak akhir April 2012. Mereka kebanyakan berasal dari Jepang, pengunjung dari Eropa dan Amerika ada tetapi tidak banyak, sedangkan pengunjung lokal sangat sedikit. Hanya waktu tertentu, seperti libur sekolah," katanya.

Joko menyebutkan, pada 1 Mei 2012 jumlah wisman mencapai 112 orang, kemudian Rabu (2/5/2012) 114 pengunjung dan Kamis (3/5/2012) sebanyak 105 pengunjung.

Menurut Joko, setiap menjelang perayaan Hari Tri Suci Waisak jumlah wisman memang cenderung mengalami kenaikan. "Selain ingin menikmati keindahan Candi Mendut, para turis ingin mengabadikan momen detik-detik Waisak," katanya.

Pada tahun lalu, puluhan turis asing bahkan mengikuti prosesi kirab Waisak mulai Candi Mendut melewati Candi Pawon hingga Candi Borobudur. Bagi wisman, kirab budaya ini menjadi salah satu kesempatan yang dicari. Kirab Waisak tahun ini akan digelar pada hari Minggu (6/5/2012).

Sumber: Antara


Fosipa-Indonesia.com © 2014. Developed by  virtus-compusoft